Angiografi Mata

Dari Ensiklopedia Penyakit

Pemeriksaan angiografi mata, atau yang disebut juga fluorescein angiography, merupakan pemeriksaan yang digunakan untuk melihat pembuluh darah di bagian belakang mata. Pemeriksaan ini menggunakan kamera khusus dimana pembuluh darah mata akan difoto. Pengambilan foto dilakukan setelah suatu zat warna (sodium fluorescein) disuntikkan ke dalam pembuluh darah di lengan. Zat warna tersebut akan mengalir di dalam pembuluh darah sampai ke pembuluh darah retina. Segera setelah zat warna disuntikkan, dilakukan serangkaian pengambilan gambar yang cepat terhadap pembuluh-pembuluh retina pada mata. Zat warna di dalam pembuluh darah berfluoresensi, sehingga pembuluh darah dapat terlihat jelas saat difoto.

Mengapa tes angiografi mata dilakukan?

Angiografi mata dilakukan untuk membantu menemukan gangguan pada retina, tumor, gangguan sirkulasi, atau inflamasi. Angiografi mata terutama berguna untuk mendiagnosa adanya degenerasi makula, sumbatan pada pembuluh darah retina, dan retinopati diabetik. Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes angiografi mata?

   Anda perlu mengetahui bagaimana angiografi mata dilakukan, termasuk siapa yang akan melakukan dan di mana akan dilakukan. Biasanya angiografi mata berlangsung selama 30 menit sampai satu jam.
   Sebelum pemeriksaan dilakukan, Anda akan diberikan tetes mata untuk melebarkan pupil mata, sebelumnya katakan kepada dokter jika Anda memiliki glaukoma atau pernah mengalami reaksi tubuh yang buruk terhadap pemberian tetes mata untuk melebarkan pupil mata. Setelah itu, cairan kontras (zat warna fluorescein) akan disuntikkan pada lengan Anda. Mata Anda akan difoto dengan kamera khusus sesudah pemberian suntikan zat warna.
   Sebelum pemeriksaan dilakukan, Anda akan menandatangani surat yang menunjukkan persetujuan Anda untuk dilakukan pemeriksaan angiografi mata. Pastikan untuk membaca surat persetujuan ini dengan baik dan tanyakan jika ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes angiografi mata?

   Perawat akan meneteskan obat tetes mata pada mata Anda. Kemudian Anda duduk pada kursi pemeriksaan, menghadap pada kamera. Pakaian yang ketat pada seputar leher akan dilonggarkan atau dilepas.
   Anda menempelkan dagu dan dahi Anda pada sebuah alat. Kemudian Anda membuka mata Anda lebar-lebar dan menatap lurus; sambil menjaga gigi tetap tertutup dan bernafas dengan normal.
   Perawat akan membersihkan lengan atas bagian dalam dengan larutan antiseptik; kemudian cairan kontras disuntikkan. Anda harus menjaga posisi Anda dan menatap lurus ke depan.
   Anda mungkin akan merasa mual dan panas. Katakan pada dokter jika Anda merasakan hal tersebut, terutama jika obat tetes mata atau cairan kontras membuat Anda merasa ingin muntah, mulut terasa kering atau terasa logam, atau jika Anda merasa pusing, seperti mau pingsan, atau merasa gatal-gatal.
   Setelah cairan kontras disuntikkan, dilakukan pengambilan foto pembuluh darah mata secara berurutan dengan cepat. Setiap foto diambil selama 1 detik setelah foto sebelumnya.
   Jarum suntik dan semprit diambil dengan hati-hati. Pada tempat injeksi dipasang kasa dan perban.
   Jika foto terakhir sudah selesai diambil, Anda dapat duduk rileks selama 20 menit. Kemudian akan dilakukan pengambilan foto lagi sebanyak 5 sampai 10 foto.

Apa yang terjadi setelah tes angiografi mata?

   Kulit dan air kencing Anda akan mengalami sedikit perubahan warna sampai satu atau dua hari sesudahnya.
   Penglihatan dekat akan kabur sampai sekitar 12 jam. Pada saat itu, Anda harus menghindari paparan sinar matahari langsung, dan Anda tidak boleh mengemudi.

Apakah tes angiografi mata berisiko?

   Cairan kontras yang digunakan dapat menyebabkan mual, muntah, bersin, pusing, atau mati rasa pada lidah. Rasa ini dapat menghilang dengan cepat.
   Kadang-kadang cairan kontras dapat menimbulkan efek yang lebih berat, seperti kesulitan bernafar. Dokter akan memberikan suntikan obat jika timbul komplikasi ini.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal? Setelah disuntikkan, cairan kontras akan mengisi pembuluh darah dan mencapai retina dalam waktu sekitar 15 detik. Cairan kontras akan disirkulasikan kembali melalui pembuluh darah selama 30 sampai 60 menit setelah suntikan. Normalnya, tidak ada cairan kontras yang keluar dari pembuluh darah retina. Apa yang dimaksud dengan hasil yang tidak normal? Pemeriksaan angiografi mata dapat mendeteksi aneurisma (penonjolan dinding pembuluh darah) kecil, shunt arteriovenus, dan pembentukan pembuluh darah baru. Pemeriksaan angiografi mata juga dapat digunakan untuk menemukan penyakit mata yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, memperlihatkan adanya tumor, serta pembengkakan atau peradangan pada retina.


Daftar Penyakit Terlengkap

Penyakit Menular Penyakit Tidak Menular
Penyakit Psikologis Daftar Penyakit Lengkap
Penyakit Karena Virus Penyakit Karena Bakteri